10 Teknik Menulis Copywriting

Setelah membahas tentang copywriting, mindset seorang copywriting, formula AIDA untuk membuat copy yang tidak membosankan, pada kesempatan kali ini, ada beberapa teknik untuk membuat copywriting lebih menarik lagi.

Berikut 10 teknik untuk menulis copy yang dapat digunakan:

1. STORY COPY
lntinya : Anda menyajikan copywriting dalam bentuk CERITA. Biasanya dilakukan dengan menceritakan pengalaman pribadi dengan pihak orang ketiga. Dalam teknik ini, sebisa mungkin Anda membuat cerita yang mengalir dan sulit dibaca endingnya oleh pembaca.

2. YOU AND ME COPY
lntinya : Anda menyajikan copywriting yang SEOLAH-OLAH BERHADAPAN DAN BERBICARA LA NGSUNG DENGAN PEMBACA. Gaya menulis yang digunakan adalah gaya bertutur dan lebih komunikatif

3. FORTRIGHT COPY
lntinya : Anda MENGUNGKAPKAN menyajikan KELEBIHAN copywriting dengan DAN KEKURANGANNYA. Tujuannya adalah untuk memperkuat isi pesan, dianggap jujur, dan benar adanya.

4. HIPERBOLIC COPY
lntinya : Anda menyaj ikan copywriting dengan cara MELEBIHLEBIHKAN, LEBAY, DAN MERASA PALING dibandingkan yang lain. lni boleh-boleh saja dilakukan, asalkan sesuai fakta dan bisa dipertanggungjawabkan. Tujuan menggunakan teknik ini tiada lain adalah untuk menarik hasrat pembaca.

5. TEASER COPY
lntinya : Anda menyaj ikan copywriting yang seolah olah MENGEJEK, MENANTANG, MERAGUKAN, dan MENYEPELEKAN PEMBACA.

6. NEWS PAGE COPY
lntinya : Anda menyajikan copywriting dalam bentuk BERITA atau PENGUMUMAN. Tujuannya tentu untuk menginformasikan sesuatu.

7. COMPETITIVE COPY
lntinya : Anda membandingkan KUALITAS, FITUR, DAN BENEFIT PRODUK ANDA DENGAN PRODUK PESAING.

8. FACTUAL COPY
lntinya : Anda menyajikan copywriting dengan banyak bicara soal DATA, INFORMASI, DAN FAKTA dari produk yang dijual.

9. HUMOURUS COPY
lntinya : Anda menyajikan copywriting yang bersifat HUMOR, LUCU, dan MENGHIBUR pembaca . Tujuannya tentu agar mereka semakin nyaman dengan Anda.

10. VISUAL COPY
lntinya : Anda lebih banyak menggunakan TAMPILAN VISUAL DIBANDINGKAN KATA-KATA . Biarkan tampilan visual yang menghipnosis pembaca.

Leave a comment