Landing Page

1. Tentukan SATU tujuan dari landing page

Buat satu saja tujuan dari landing page Anda, ingat satu saja supaya copy yang anda buat tidak kacau. Misalkan tujuannya untuk pembelian produk/Memasukkan alamat email/Menghubungi anda via email dan/atau telepon/Mendownload.

Solusi untuk yang mempunyai lebih dari 1 tujuan: Buat lebih dari 1 landing page.

2. Komponen utama sebuah landing page yang efektif

Headline yang mampu menangkap perhatian

Headline ClickMinded

Subheadline yang memperjelas dan memperkuat headline

Subheadline KerjaDulu

Manfaat atau solusi permasalahan sebagai badan dari landing page

Social proof/testimonial yang mampu mempengaruhi keputusan

Ada beberapa bentuk social proof:

  1. Jumlah pengguna
  2. Daftar pengguna yang “bernama”
  3. Komentar dari orang yang terkenal
  4. Komentar dari beberapa pengguna yang puas (Yang Sering Digunakan)

Call to action (CTA) yang menonjol dan tidak menyeramkan

Untuk landing page pendaftaran, anda bisa memainkan kata-kata dalam CTA. Jadi buatlah sesuai kreativitas anda daripada hanya menggunakan “daftar”.

Jawab pertanyaan berikut untuk membuat teks CTA pendaftaran anda:

  • Apa manfaat yang mereka dapatkan setelah melanjutkan?
  • Kemana mereka dibawa? (Mestinya sesuai headline)
  • Apakah gratis? (Tampilkan kalau memang gratis)
  • Apa yang akan mereka lakukan berikutnya?

Bagaimana dengan penjualan?

Kalau dalam langkah berikutnya pengunjung langsung dibawa ke halaman pembayaran, maka CTA anda sebaiknya “Beli [nama produk]”

Untuk mengurangi rasa takut, solusinya berikan:

  • Garansi uang kembali
  • Masa uji coba (trial) gratis
  • Harga diskon
  • Pilihan paket harga (kalau ada)

3. Lakukan pengujian untuk mendapatkan hasil terbaik

Gunakan A/B test.

 

 

 

Leave a comment