Formula AIDA

AIDA merupakan singkatan dari Attention, Interest, Desire, Action.

Fungsi AIDA: Untuk menciptakan struktur penulisan copy yang efektif, supaya copy yang Anda ciptakan  menarik, dan tentu konversinya menjadi lebih tinggi.

Mari kita bahas satu persatu bagian dari AIDA.

1. Attention

Copy yang kita buat harus mampu segera menangkap perhatian pembaca. Kita harus bisa menangkap perhatian pengunjung dalam waktu 8 detik atau kurang, kalau tidak pembaca akan langsung pergi begitu saja.

Untuk menarik perhatian pembaca ada 3 element:

  1. Judul/headline,
  2. Gambar,
  3. Kalimat-kalimat pembuka.
Tips
#1 Berikan apa yang buyer persona pedulikan terkait bisnis anda
#2 Sajikan solusi dari permasalahan utama
#3 Buat mereka merasa “ah itu gua banget

Ini kalimat yang kira-kira bisa menangkap perhatian calon pembeli:

  1. “Ingin menurunkan berat badan hingga 20 kg dalam sebulan tanpa diet ketat yang menyiksa diri?”
  2. “Kembalikan tubuh langsing anda seperti dulu lagi”
  3. “Tidak punya waktu dan energi untuk olahraga? Sekarang anda juga bisa menurunkan berat badan tanpa perlu merasa lelah di tempat kerja”

2. Interest

Setelah bisa menarik perhatian pembaca, selanjutnya buat mereka tertarik dengan anda.

Untuk memancing interest, cara terbaiknya adalah dengan menyediakan:

  1. Informasi/fakta
  2. Statistik
  3. Studi kasus
  4. Kondisi idealnya
  5. Alasan

Contoh:

“Dengan menggunakan suplemen [merek], anda akan:

  • …mampu menurunkan berat badan hingga 20kg dalam kurang dari 30 hari
  • …bisa menggunakan lagi baju kesayangan anda yang sudah sempit
  • …makin dicintai suami
  • …tetap punya banyak waktu untuk keluarga dan pekerjaan”

3. Desire

Desire hampir sama dengan interest, perbedaannya pada desire akan lebih banyak permainan emosi dan logika.

Caranya:

1. Dengan menyebutkan benefits atau manfaat.

2. Dengan memancing emosi negatif dan memberikan solusi

contoh:

Waktu anda sangat berharga…anda harus bangun sejak pagi, menyiapkan sarapan kemudian bersiap dan berangkat ke kantor. Belum lagi energi yang terkuras akibat mengurusi keluarga, klien, dan boss anda di kantor…kemudian anda tiba di rumah pukul 7 sore dalam keadaan seperti tisu basah.

Dengan rutinitas seperti ini, olahraga dan diet ketat jadi hal yang mustahil.

Untungnya, suplemen [nama produk] hanya membutuhkan 90 detik dalam sehari. 1 tablet sebelum makan…dan [nama produk] akan membakar lemak sambil anda duduk santai di depan komputer.

4. Action

Mengajak pembaca untuk mengambil tindakan atau biasa disebut call to action (CTA). Misalnya ajakan untuk membeli produk, mendaftar, membuat akun, mendownload, mengirim email, menelepon. CTA bisa berupa tombol, nomor telepon, atau alamat email.

 

Gabungkan keempat bagian dalam formula AIDA tadi secara berurutan mulai dari Attention, Interest, Desire, Action.

 

 

Leave a comment