Off page SEO merupakan optimasi sebuah website yang dilakukan diluar website tersebut. Contohnya adalah dengan link building.
Faktor rangking off-page SEO
Faktor penentu rangking dari luar website.
Kualitas backlink
Mengenai penempatan, backlink yang memiliki kualitas terbaik ditempatkan di dalam teks. Istilahnya contextual link.
Anchor text dalam backlink
- Anchor text yang digunakan dalam link dibaca oleh mesin pencari sebagai kata kunci.
- Penggunaan anchor text secara berulang tidak memberi dampak positif
- Pada 1 halaman terdapat 2 link menuju website anda dan keduanya memiliki anchor yang berbeda, maka Google menggunakan anchor pertama.
Jumlah backlink
- Semakin banyak backlink yang anda dapatkan, semakin baik.
- Kuantitas harus sejalan dengan kualitas.
- Dapatkan backlink dari website yang memiliki reputasi.
Keragaman backlink
- Ada beberapa jenis backlink, salah satunya yang disebutkan tadi yaitu contextual link.
- Terlalu banyak menggunakan satu jenis backlink tidak akan memberikan efek yang optimal.
- Secara logika, kalau kita mendapatkan backlink secara alami maka jenis backlink akan beragam.
Reputasi sosial
- Google bisa memahami sentimen dalam setiap komentar.
- Artinya setiap kali website anda muncul kemudian muncul komentar negatif dari orang lain, akan berdampak buruk., begitu sebaliknya.
Aktivitas sosial
- Aktivitas sosial suatu website dapat dilihat salah satunya dengan alat ukur berupa jumlah share ke jejaring sosial.
Faktor personal pengguna
- Google menerapkan personalized search, hasil pencarian dalam keyword yang sama bisa berbeda untuk masing-masing akun Google.
Link Building yang Google Tidak Suka:
- Bertukar link.
- Membeli link & menggunakan jasa backlink.
- Komentar di blog & forum.
- Auto-approve link.
- Menggunakan software bot.
- Private Blog Network.
- Spam.