Off page SEO

Off page SEO merupakan optimasi sebuah website yang dilakukan diluar website tersebut. Contohnya adalah dengan link building.

Faktor rangking off-page SEO

Faktor penentu rangking dari luar website.

Kualitas backlink

Mengenai penempatan, backlink yang memiliki kualitas terbaik ditempatkan di dalam teks. Istilahnya contextual link.

Anchor text dalam backlink

  • Anchor text yang digunakan dalam link dibaca oleh mesin pencari sebagai kata kunci.
  • Penggunaan anchor text secara berulang tidak memberi dampak positif
  • Pada 1 halaman terdapat 2 link menuju website anda dan keduanya memiliki anchor yang berbeda, maka Google menggunakan anchor pertama.

Jumlah backlink

  • Semakin banyak backlink yang anda dapatkan, semakin baik.
  • Kuantitas harus sejalan dengan kualitas.
  • Dapatkan backlink dari website yang memiliki reputasi.

Keragaman backlink

  • Ada beberapa jenis backlink, salah satunya yang disebutkan tadi yaitu contextual link.
  • Terlalu banyak menggunakan satu jenis backlink tidak akan memberikan efek yang optimal.
  • Secara logika, kalau kita mendapatkan backlink secara alami maka jenis backlink akan beragam.

Reputasi sosial

  • Google bisa memahami sentimen dalam setiap komentar.
  • Artinya setiap kali website anda muncul kemudian muncul komentar negatif dari orang lain, akan berdampak buruk., begitu sebaliknya.

Aktivitas sosial

  • Aktivitas sosial suatu website dapat dilihat salah satunya dengan alat ukur berupa jumlah share ke jejaring sosial.

Faktor personal pengguna

  • Google menerapkan personalized search, hasil pencarian dalam keyword yang sama bisa berbeda untuk masing-masing akun Google.

 

Link Building yang Google Tidak Suka:

  1. Bertukar link.
  2. Membeli link & menggunakan jasa backlink.
  3. Komentar di blog & forum.
  4. Auto-approve link.
  5. Menggunakan software bot.
  6. Private Blog Network.
  7. Spam.

Leave a comment