Mengukur Kinerja SEO

Banyak orang yang menganggap SEO hanya pekerjaan yang dilakukan 1 kali selama umur website.

Tidak demikian.

SEO adalah proses yang berkelanjutan. Seorang pemilik website harus terus mengamati kinerjanya di website mereka sambil melakukan usaha-usaha untuk memaksimalkan SEO.

 

Hal-hal yang sudah harus anda ketahui (dan lakukan):

  1. On-page SEO: Optimasi halaman website
  2. Off-page SEO: Membangun link dan popularitas
  3. Prinsip content marketing dalam SEO

 

Langkah Mengukur Kinerja SEO

#1 Integrasikan Search Console dan Google Analytics

#2 Lakukan crawling dengan alat bantu

Crawling adalah proses yang dilakukan oleh mesin pencari untuk menjelajah halaman-halaman website sambil mengumpulkan informasinya.

Tujuannya adalah untuk mengetahui gambaran besar dari website anda.. apakah terjadi error, apakah ada broken link, duplikat internal, dan meta tag yang kosong.

Gunakan salah satu dari 3 tool ini:

  1. ScreamingFrog SEO Spider
  2. WildShark SEO Spider
  3. BeamUsUp SEO Crawling Software

#3 Riset kata kunci lebih lanjut

Tapi kalau anda memang berniat menjadikan mesin pencari sebagai sumber traffic utama, lakukan riset kata kunci yang lebih lanjut.

#4  Analisa performa konten

80% (atau lebih) dari sebuah halaman di website anda adalah konten. Jadi pengaruh konten terhadap SEO setidaknya adalah 80% dari keseluruhan hal yang anda lakukan.

Manusia suka mendapatkan konten yang memuaskan, sehingga mesin pencari akan memberikan peringkat yang bagus kepada konten yang memuaskan.

Leave a comment