On Page SEO

On page SEO merupakan suatu hal yang sangat penting dalam optimasi suatu website yang dilihat dari dalam website itu sendiri oleh mesin pencari.

Tujuan dari optimasi on page adalah

Optimasi on-page bertujuan agar mesin pencari mengetahui apakah website anda memang relevan/sesuai dengan apa yang dicari oleh user. Dan benar-benar yang memiliki kualitas terbaik.

Oleh karena itu, kuncinya 2 hal: relevan, kualitas.

Tanpa memenuhi keduanya, mustahil bisa mendapatkan peringkat 1 di mesin pencari.

 

Konsep Utama On Page SEO

Tujuan dari On Page SEO yaitu:

  1. Bermanfaat tinggi bagi pengunjung
  2. Memudahkan pengunjung untuk berselancar lebih lama di website Anda
  3. Pengunjuang merasa betah berlama-lama di website Anda
  4. Mesin pencari mengerti struktur website Anda

Dengan memperhitungkan 4 faktor tersebut pastilah pengunjung website Anda akan puas. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kepuasan pengguna website, diantaranya:

Konten yang berkualitas

Buat kontent yang berkualitas. Ciri-ciri konten berkualitas adalah:

  1. Memberikan manfaat maksimum bagi pengunjung
  2. Lebih menonjol dibandingkan konten lain yang sejenis
  3. Disimak dalam waktu panjang oleh pengunjung
  4. Membangkitkan perasaan (kagum, terhibur, bahagia, dll.)
  5. Menyelesaikan permasalahan pengunjung

Catatan: google tidak menyukai hal-hal berikut:

  1. Kurus (thin), dengan kata lain tidak berbobot
  2. Tidak memberikan nilai tambah bagi pembaca
  3. Tidak original
  4. Membuat pembaca frustrasi (karena kualitasnya rendah)

Keyword yang populer dan tepat sasaran

Mengoptimasi halaman berarti mengoptimasi keyword. Setiap halaman di website anda harus dioptimasi paling tidak untuk 1 kata kunci.

Caranya?

Dengan menyertakan keyword dalam halaman website anda. Tepatnya di dalam konten, di judul, dan di URL.

Judul halaman yang mengundang klik

Yang terpenting dalam judul bukan optimasi keyword, tapi optimasi terhadap ketertarikan manusia. Buatlah judul yang menarik.

URL yang singkat dan deskriptif

Contohnya:

  • Halaman tentang ‘resep bakso’ > domain.com/resep-bakso/
  • Halaman produk ‘macbook pro’ > domain.com/laptop/macbook-pro/

Buatlah URL yang mendeskripsikan konten, lebih baik lagi kalau mengandung keyword utama.

Meta description yang deskriptif dan mengundang klik

Meta description adalah 1-2 kalimat yang muncul dalam hasil pencarian:

SERP

Dengan meta description yang menarik, maka kemungkinan orang lain untuk mengunjungi website anda akan semakin tinggi.

Gambar berkualitas tinggi dan berukuran optimal

Bayangkan sebuah halaman website yang 100% isinya teks, pasti sangat membosankan. Maka dari itu, gambar dan/atau video merupakan nilai tambah.

Beberapa tips:

  1. Gunakan gambar yang berhubungan dan menjelaskan konten
  2. Gunakan tipe ekstensi yang tepat agar ukuran file tidak membengkak
  3. Pastikan resolusi gambar sesuai dengan yang ditampilkan
  4. Kompres gambar supaya optimal
  5. Tambahkan atribut alt ketika meletakkan gambar

Referensi berupa link ke website lain

Poin ini sangat penting terutama bagi website baru.

Nah, karena website anda masih baru, Google menganggap isinya belum bisa dipercaya. Karena belum dipercaya, maka akan lebih sulit mendapatkan peringkat tinggi.

Disini lah link referensi bisa membantu. (Referensi dari website yang sudah populer)

Internal link untuk mempermudah navigasi

Bounce artinya ketika seseorang masuk ke website anda, kemudian dia langsung keluar tanpa melakukan apapun.

Kalau bounce rate dari website anda tinggi, bisa jadi karena:

  • Kualitasnya mengecewakan
  • Navigasinya sulit

Salah satu upaya untuk menurunkan bounce rate adalah dengan memasang internal link (link antar halaman), supaya pengunjung dengan mudah berkunjung ke halaman lain dalam website anda.

Bisa di-share ke social media

Ini manfaat dari social share:

  1. Tambahan pengunjung
  2. Branding, website anda akan dikenal
  3. Faktor kepuasan bertambah tinggi (kalau website anda bisa memuaskan pengunjung yang datang)
  4. Beberapa dari pengunjung akan memberikan backlink

Dibandingkan SEO, social media akan membangun brand website anda dengan lebih cepat. Lebih cepat artinya website Anda akan terkenal dan pastinya banyak yang mencari di google.

Kecepatan respon dan hambatan kecepatan

Website yang lebih cepat akan mendapatkan peringkat yang lebih baik.

Ada beberapa hal yang mempengaruhi kecepatan:

  1. Kualitas hosting yang digunakan
  2. Jumlah file .js dan .css di <head>
  3. Ukuran halaman yang terlalu besar sehingga mengganggu pengunjung

Anda bisa menguji kecepatan website anda melalui Google Page Speed Test. Segera lakukan perbaikan kalau skornya di bawah 75.

Leave a comment