Cara menginstall WordPress di Domain dan Hosting Sendiri

Pada tutorial kali ini akan saya jelaskan cara menginstal WordPress di Hosting, setalah pada tutorial sebelumnya kita telah membahas cara menginstal WordPress secara gratis. Nah, karena kita akan menginstal jadi tentunya kita perlu tempat untuk meletakkan file-file wordpress, kita perlu membeli hosting dan domain sebagai alamat dari website, contohnya narwadi.net. Memilih hosting yang berkualitas sangat dianjurkan dalam membuat website, hal ini akan berdampak pada kecepatan akses di website kita, rekomendasi memilih hosting yang berkualitas bisa dilihat disini.

Keunggulan dari wordpress yang berbayar ini banyak sekali salah, kita diperbolehkan untuk memodifikasi code wordpress sesuai dengan kebutuhan. Kita juga bisa menginstal plugin untuk keperluan website kita. Contoh saja plugin seperti WooCommerce, plugin ini berfungsi untuk membuat toko online. Langkah-langkah untuk membuat toko online menggunakan WordPress dengan plugin WooCommerce dijelaskan pada tutorial ini.

Di dalam hosting sudah terdapat aplikasi yang bernama cPanel untuk memudahkan kita mengelola sebuah hosting. Langkah untuk menginstal wordpress cukup mudah karena didalam cPanel sudah tersedia Softaculous yang merupakan sebuah tool untuk menginstal secara otomatis CMS seperti wordpress, joomla, moodle, drupal, pretashop dan lain sebagainya, hanya dengan sekali klik, sangat mudah bukan. Berikut langkah yang harus di ikuti.

  • Pertama untuk menginstal wordpress di hosting, kita masuk ke hosting melalui cPanel dengan cara “http://namawebsite.com/cpanel”, masukkan username dan password.
  • Pada Softaculous klik saja, kemudian akan muncul pilihan CMS yang tersedia.
  • Pilih WordPress kemudian install.
  • Kemudian lengkapi identitas wordpress, seperti site name, site description, admin username dan password.
  • Langkah terakhir klik install.
  • Tunggu sampai proses instalasi selesai, untuk memastikan wordpress yang kita instal berhasil bisa di lihat di “http://namawebsite.com/”, jika sudah terdapat web yang tampil maka instalasi berhasil.
  • Selanjutnya masuk ke halaman admin wordpress dengan cara “http://namawebsite.com/wp-admin”.
  • Selesai.

Mudah bukan, silahkan berkreasi dengan themes, plugin yang tersedia. Tutorial selanjutnya saya akan menjelaskan tentang wooCommerce dan cara instalasi di WordPress.

Untuk mendapatkan update dari blog ini silahkan Subscribe, pada sidebar tinggal masukkan email. Tentunya tips dan trik seputar wordpress, woocommerce dan internet marketing akan saya update terus.

Selamat mencoba, happy bloging.

 

 

Leave a comment